Label

about me (2) CHILDHOOD (1) english (5) family (4) fiction (1) galau (8) gereja (3) jalan-jalan (1) jobseeker (1) junk (5) kuliah (1) memories (9) motivasi (1) prayer (1) quote (5) random (3) skripsi (6) teman (3)

Rabu, 04 Mei 2011

SAKIT HATI

Seorang kawan bertanya, kenapa aku ingin sekali meninggalkan negara ini (Indonesia) selamanya dan lebih memilih menetap diluar negeri nanti.
Kami saling bertukar cerita tentang rencana masa depan kami, dia ingin melanjutkan S2nya di Belanda dan jika sudah selesai masa studinya ia berkata akan kembali lagi ke Indonesia.
Sedangkan aku, ingin melanjutkan S2 ku di Inggris atau dimanapun deh yang penting di Eropa (Aminnn ya Tuhan, tolong kabulin dong..) dan mencari kerja disono, juga sekaligus cari (kalo memungkinkan) jodoh juga disono.. hehehe.. Pengennya gak balik lagi ke negara ini. Entahlah, gue pribadi merasa terancam di negara ini (agak lebai sebenernya, tapi namanya juga perasaan bisa salah bisa aja sedikit benernya..).

Ada note gue di Facebook tertanggal
, Kamis, Feb17' 2011_8.43 AM (tapi udah gue hapus dan dipindahkan ke blog ini dengan alasan yang hanya gue dan Tuhan yang tau.. prreeetttt...)

Inilah kawan, yang menjadi alasan gue males banget sama negara ini... tapi entahlah kalo suatu hari gue berubah pikiran karena sesuatu hal yang gue belum tau apa itu saat ini.. siapa yang tau kan? future is mystery..

Apa sih yang salah sama negara ini? Katanya menjunjung tinggi pluralisme? Kampret lah, cuma topeng doang!!

Kenapa semua orang sensitif banget akhir-akhir ini, masalah agama lah, suku lah, pendapat lah... Anjrit, gak bisa santai apa nih orang-orang?!!

Dan, hei saudara2 sekalian yang paling aneh bin ajaib adalah negara memelihara ORMAS-ORMAS yang fanatik dan anarkis!! Aneh, sungguh aneh banget!! Kenapa negara selalu berkedok Bhineka Tunggal Ika, itu semua hanya nina bobo saja!! Padahal, faktanya, perbedaan dianggap sebagai ancaman bagi kelompok-kelompok yang tidak sependapat dengan mereka. KAMPRET!! Memalukan sekali orang-orang seperti itu, apa mungkin karena pendidikannya rendah, atau pas kelas Pendidikan Kewarganegaraan tidur kali yah, atau gak mengerti perbedaan itu indah?? Woi, muka aja beda, boleh dong yang lainnya juga beda. Ampuuunn!!!

Buktinya, tirani mayoritas kapada minoritas tetap dipelihara, diskriminasi suku atau agama di instansi-instansi tertentu tetap terjaga. Bangun tempat ibadah aja, susahnya setengah hidup!! Mau ibadah aja harus dijaga-jaga sama polisi karena takut ancaman bom!! (apalagi hari-hari besar keagamaan). Rumah ibadah dibakar-bakarin.. (woi, bangunnya pake duit itu... seenaknya aja main bakar-bakar!!). Kamprett lah semua!! Barbar banget!!

Tradisi Indonesia yang aneh juga pas bikin CV (Curriculum Vitae) untuk ngelamar magang atau kerja atau apalah, harus banget nyantumin agama yah?? maksudnya apa? penting banget ya lo tau agama gue apa?


Kok ini negara kompleks banget yak, kayak perumahan...

Bisa santai gak sih? Selow aja menn, kalo emang kita beda yaudah mau diapain lagi.. loe ya loe, gue ya gue.. selama gue gak ganggu loe atau loe gak ganggu gue, kita bisa damai kan??!! Malaysia aja bisa damai kok..

Untuk Ormas anarkis--> Heyyyyy... please, kita jangan salah konseplah ya. TUHAN GAK PERLU DIBELA..!! Emangnya, siapa kita?? kok ngebela-bela Tuhan?? Memangnya manusia lebih hebat atau lebih kuat, atau lebih berkuasa dari pada Tuhan???

Dan heyyyy... sadarlah bung!!!! Gak usahlah membuat kelompok-kelompok berkedok agama!!! Jangan seperti itulah, Tuhan yang sedih entar. Serius deh..!!

Cukuplah benahi moral masing-masing, gak perlu repot ngurusin moral orang lain untuk menjaga kemurnian dalam beragama dan heyyyyy... pusing banget sih loh ngurusin orang lain. Merasa udah bener? *tepuktangan prok, prok, prok...!!

Agama itu pilihan (Oke, katakan gue agak keliru.. karena kebanyakan orang lahir dari keluarga tertentu dan akhirnya mengikut agama keluarga tersebut. Tapi basically, agama itu adalah pilihan -mengertikan-maksudnya-susah-jelasinnya-).

Negara terus aja gak bisa bebas membuat regulasi, gak bisa netral, selalu ada aja pressure group yang sebenarnya ditanyain apa inti dari permasalahannya aja juga gak ngerti, ngomong doang, berisik doang, ribut doang.. Padahal klo niatnya baik mah, gak perlulah ditekan-tekan.. Dikit-dikit ribut, dikit-dikit rusuh, dikit-dikit ngebakar, dikit-dikit demo, kok semuanya dikit-dikit??!! Hahahaaa..

Contoh regulasi yang sebenernya mensejahterakan rakyat tapi ditentang habis-habisan adalah lokalisasi perjudian. Yah, kalo emang ditempatin disebuah pulau, gak mengganggu masyarakat, diatur siapa yang boleh masuk (budaya dan agama yang pada dasarnya melarang judi, ya monggo jangan main judi.. tapi untuk budaya yang pada dasarnya judi menjadi darah daging, ya monggo main judi), semua terakomodir. Uang ke kas negara masuk, hasilnya bisa buat program kesejahteraan umum... siapa yang enak coba?? Ya, kita ini rakyat.. Emang bener kita punya sumber daya alam lain yang bisa dikelola, tapi ingat bung.. duitnya dari mana? pasti ada riset dulukan? berapa lama lagi nunggu sampe bisa dinikmatin hasilnya? Jawab coba!! Keburu orang miskin mati kelaperan ini.. Gue pengen tanya, apakah jika orang lain yang minum alkohol, maka kita ikutan berdosa?? Gak kan?? Ya, sama aja, sama judi itu.. biar lah kita bertanggung jawab sama Tuhan kita masing-masing.

Maunya masyarakat tuh bias sejahtera. Maunya bisa jadi maju, tapi gak tau apa sebenernya kemajuan itu. Ya, gak jadi-jadilah..

Jangan deh mencampuradukkan urusan negara dengan agama, jelas itu beda banget. dan ini yang gak gue dapet dari negara yang berkedok Bhineka Tunggal Ika. Yang masih mencampuri juga, berarti gak mengerti esensi pemerintahan dan beragama. Itu aja, semoga negara ini bisa lebih profesional dalam membuat regulasi yang mengakomodir kepentingan semua pihak dan para regulator tidak dipengaruhi oleh ormas-ormas atau pemikiran-pemikiran ekstrim tertentu.

SALAM SUKSES.

*kenapa tiba-tiba ngomongin ini yah?

2 komentar:

  1. yaampun jadi karena ini toh...
    pendapat gw sih bay, gak cuma indonesia kok yang kaya gini. Tirani mayoritas terhadap minoritas, kelompok anarkis, dan permasalahan lain juga gw yakin ada di negara lain, cuma ya kita gak tau aja, dan faktor budaya juga mempengaruhi,.

    kalo gw sih urusannya sabodo teuing aja ama masalah2 beginian, yang penting gw berbuat baik, berusaha sebisa mungkin bermanfaat untuk orang lain, kalo buat negara mungkin terlalu muluk2, makanya setidaknya bermanfaat untuk orang sekitar kita..

    gw juga dulu pernah lho punya ide untuk ninggalin indonesia pas udah kerja nanti, tapi alesannya lebih karena alesan politik dan ekonomi., muak banget gw sama dunia politik dan pemerintah. Tapi setelah dipikir2 kok jadi kaya lari dari kenyataan dan repot sendiri kesannya, mending di sini, enak, gak perlu ribet2 lagi adaptasi dengan budaya sana yang pastinya bedaa 180 derajat, dll..

    ini kok panjang banget dah -__-
    skripsian woy, skripsian, wkwwkwwkwk

    BalasHapus
  2. ini komentar mau nyaingin postingan gue ya panjangnya?!!

    huahahaha... begeto dah jri..
    tapi tetep gue pengen tinggal disono.. doain yak.. :D

    skripsi yang menyita waktu, pikiran, hati, dan materi.. SEMANGAT Jri!!!

    BalasHapus