Label

about me (2) CHILDHOOD (1) english (5) family (4) fiction (1) galau (8) gereja (3) jalan-jalan (1) jobseeker (1) junk (5) kuliah (1) memories (9) motivasi (1) prayer (1) quote (5) random (3) skripsi (6) teman (3)

Jumat, 05 November 2010

JADI, APA ARTINYA SEMUA INI?

JADI, APA ARTINYA SEMUA INI?


Friday, November5’ 2010_12.37 PM

Written by Desby Mian Berlianty Pasaribu


Apa aku bermimpi menjadi seorang mahasiswi Jurusan Fiskal di Universitas Indonesia? Apakah aku menyukai pelajaran-pelajaran Akuntansi yang membuatku migren gak sembuh-sembuh? Apakah aku tertarik dengan seluruh seluk beluk perpajakan? Apakah aku bercita-cita menjadi konsultan pajak? TIDAK.. Jawabannya TIDAK SAMA SEKALI.. Untuk menjadi mahasiswi di Universitas paling tersohor di Indonesia yaitu Universitas Indonesia mungkin benar, tapi untuk jurusannya SUNGGUH TIDAK INGIN..


Tahu apa yang sebenarnya ku inginkan? Aku ingin menjadi seorang Fashion Designer atau Pelukis, namun sayangnya jurusan Fashion Design gak ada di Universitas Negeri [padahal mimpiku adalah memang kuliah di UI] dan hanya ada di universitas-universitas swasta [tau apa artinya?? MAHAL DASYATT!!!-]. Mengenai keinginanku yang ingin menjadi pelukis, aku hampir mendaftarkan diriku ke Institut Kesenian Jakarta tapi.. lagi-lagi tertahan [sebenernya] karena doktrin orang tua yang menganggap bahwa hidup menjadi seorang seniman itu sulit.


Akhirnya, mau gak mau, aku ikut SPMB dan berakhir di sebuah civitas academika yang paling diburu setiap pelajar tingkat atas akhir se-Indonesia Raya. Apa aku bahagia? Apa aku menikmatinya?? --Jawabannya TERPAKSA!!-- Mau gimana lagi dong? Udah kecemplung hampir 3,5 tahun, man?!! Sekarang aku benar-benar bingung mau jadi apa nanti? [Pliss, jangan bilang jadi Konsultan Pajak atau Fiskus atau kerja di Kementerian Keuangan], aku udah muak… (T_T).


Maksudku, aku ingin memiliki pekerjaan dimana aku benar-benar menyukainya, jatuh cinta pada pekerjaan itu, sehingga gak merasa terbebani untuk melakukannya. Begitulah, kawan.. Basically, aku orang yang suka jalan-jalan [mungkin bahasa kerennya –travelling-] makanya sempet kepikiran jadi Tour Guide juga. Kayaknya asik gitu, jalan-jalan terus, gretongan dan digaji pula. Ajibbb..!!! [sebenernya sih yang penting itu foto-fotonya… hehehhee --aku suka mengabadikan moment, harap dibedakan dengan narsis--].


Mau tau berapa nilai-nilai IPK ku selama ini?? Sebenarnya gak terlalu buruk amat sih, masih bisa diselamatkan [rata-rata diatas 3,xx]. Aku membayangkan jika diriku menjadi mahasiswi jurusan Fashion Design atau Fine Art [Seni Lukis] mungkin nilai IPK ku akan jauh lebih tinggi dari itu kale..[kaleeee..]. Awal masuk jurusan Fiskal setelah mendapatkan kabar pengumuman di koran dan internet rasanya kikuk karena it’s completely new for me..!! Entah itu lingkungannya, orang-orangnya, dosen-dosennya, dan yang paling utama dan yang terutama adalah pelajarannya. Mana gak ngerti akuntansi sama sekali [waktu SMA, aku dari IPA], merasa bodoh-sebodoh-bodohnya, bray! Ah, udah kayak badut ancol deh!!


Sampe sekarang, passion to be fashion designer still abides in my heart!! Indeed. Tapi masalahnya sekarang adalah gimana lagi yah caranya biar kesampean?? Eeerrrggghhh..!!! Oke, banyak suka dukanya selama masa kuliah. Contoh dukanya pelajaran-pelajaran yang sama sekali gak membangkitkan mood untuk mengeksplore lebih lanjut apa maksud materinya, dosen-dosen yang membosankan, terus-terusan berhubungan dengan kertas putih dan power point juga mic.word, ruangan kelas yang monoton [bayangkan selama hidupku selalu terperangkap dalam ruang segi empat. Sucks!!


Pemandangan yang selalu terbatasi yang menyebabkan imajinasiku semakin gak asik --heeeh, maksudnya?!--]. Tidak ada warna-warni bahan pakaian, penggaris 100cm, meteran, kapur kain, pola-pola dari kertas kopi, spidol, jarum pentul, gunting, manekin..[yaiyalah gak ada, wong belajar pajak dan akuntansi terus]. Tanya, apakah aku semakin pintar dengan pelajaran itu? [Entahlah.. aku hanya merasa sangat menyedihkan sekali..]. I’m totally missing those stuffs a lot!! [pertama kali jatuh cinta sama fashion pas waktu SMP ada pelajaran Tata Busana dan setiap sabtu pagi aku menonton tayangan Metro TV yang acara fashion show], kemudian aku ingin sekali menjadi seorang designer seperti mereka.


Rasanya keren ketika orang-orang mengagumi karyamu, sama halnya dengan menjadi pelukis. Aku senang mendapatkan pujian atas karyaku. Hmm.. klo awalnya pengen jadi pelukis gimana yah? Yang aku tahu, aku suka mencorat-coret dinding rumah dulu waktu masih Sekolah Dasar hingga akhirnya semua dinding rumah kotor karena coretanku. Maka untuk mengantisipasinya pada akhirnya Papa beliin aku buku gambar dan buku yang udah ada gambarnya [jadi tinggal diwarnain aja]. Begitu deh!!


Dan ternyata hasil gambaran dan tumpahan warnaku cukup mengesankan [Mama dan Papa mengakuinya --apa karena anaknya yah?--]. Well, untuk hal baiknya adalah beberapa hal yang sangat aku bersyukur [bersyukur sekali, sungguh], aku mempunyai dan mengenal teman-teman yang asik [yang bisa diajak menangis dan tertawa], kenal sama kak Oci yang jadi pembimbing rohani saya [maklumlah, orang galau harus punya pembimbing biar gak jatuh ke comberan --lho?--], suka sama seseorang [entah kenapa harus aku yang suka ya?? --terkadang semua hal emang gak selalu perlu ada alasan--], akhirnya bisa ngekost juga [artinya bisa nginep dirumah temen tanpa izin bonyok!!], dan aku rasa banyak lagi..


So, apa artinya semua ini?


Oke aku memang pengen punya uang yang banyak [kayak lagunya Naif, “aku mau pulang dan membawa uang segudang, segudang.. u, u, u, uanggg…”]. Tulang [bahasa Batak artinya Paman] pernah bilang, “Eh, Desby! Beruntung sekali lah kau! Yang kau tahunya sumber utama pendapatan Negara ini dari pajak sebesar 70%. Kau tahu apa artinya? KAU MENUJU SARANGNYA UANG!!” dia berbicara dengan aksen bataknya yang kental dan membuat aku terperanga dengan mulut terbuka mendengarnya [hati-hati lalat masuk!!].


Tapi tetep aja ‘Passion is always be a Passion.. cannot be replaced by anything including money.’

Masih belum mengerti, apa artinya semua ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar