Label

about me (2) CHILDHOOD (1) english (5) family (4) fiction (1) galau (8) gereja (3) jalan-jalan (1) jobseeker (1) junk (5) kuliah (1) memories (9) motivasi (1) prayer (1) quote (5) random (3) skripsi (6) teman (3)

Senin, 29 Maret 2010

KELAPERAN

KELAPERAN

Hari ini, Jum’at, 5 maret 2010.. dan Gw sangat malas untuk beranjak dari kasur kostan gw yang terlalu nyaman dan terlalu sayang untuk ditinggal sehingga gw tetap bergulung-gulung dengan selimut dekil yang belum pernah dicuci selama sebulan lebih diatas kasur yang ditutupi seprei yang belom gw ganti dari seminggu kemaren harusnya . Ah, jam weker dah berbunyi gak karuan, memekakkan telinga.. sedetik gw mengintip untuk mengetahui jam berapa sekarang dan masih jam 5 pagi , kemudian gw kembali bergumul dengan selimut biru kesayangan dengan gaya sedang berenang2 (gaya bebas) sambil menggerakkan kaki dan tangan berusaha mengumpulkan ceceran selimut, hingga akhirnya gw kembali ketiduran sampe jam 7 pagi.. tapi masih ingin tetap di tempat tidur . Melihat itu gw segera kembali menutup wajah dengan selimut dan kemudian tertidur lagi hingga akhirnya jam 7.35 pagi!!! . Sial!!!

Dengan panik tapi tetap bengong diatas tempat tidur dengan tubuh masih terlentang di atas kasur, memandang kosong ke arah langit-langit kostan. Oh, ada sarang laba-laba di pojokan, kemudian jaring-jaring halus (hampir kasat mata) debu yang bergoyang-goyang lambat dan melihat cicak yang sedang kasmaran diatas langit-langit kamar yang udah banyak bercak coklatnya (padahal warna aslinya bercat putih). Gw berencana untuk mandi dan ingin mengambil handuk biru yang gw gantung semalaman diluar, dan OH NOO!!! Gw lupa klo kemaren malem ujan deras!!! Baiklah, gw berusaha untuk mencari penggantinya dan gak menemukannya!! Tapi gw tetap berniat untuk mandi pagi ini, HARUS!! (sebelumnya setiap pagi gw sering manghemat sabun dan shampoo) Karena gw dah gak keramas 3 hari dan itu dah lepek, berminyak banget (buset!!). Ketika gw mau mandi, ternyata sabun habis!! Alhasil gw pake sabun sulfur yang buat muka untuk mandi!! (baunya gak enak karena efek belerang). Ritual lainnya adalah untuk menjaga kesegaran napas sepanjang hari gw gosok gigi kemudian yang gw taruh diatas sikat gigi gw adalah facial foam!! (pantesan rasanya aneh, agak pahit-asin dan busanya dikit).

Wah, jakpot banget gw di pagi hari! Karena gak ada handuk, makanya gw pake punya adek gw dulu, dan ternyata dah jam 8.02AM..!!! Sekarang gw panik beneran! Buru-buru berberes dan gw langsung mencomot sepatu terdekat gw yaitu ADIDAS dekil yang ternyata basah!! (gara-gara kemaren ujan deres banget dan gw nginjak kubangan air!!). Oh, yeah!! (another jackpot!!). Gw berangkat dengan langkah cepat dengan perut keroncongan, kruukk.. kruukk.. (ini akibat makanan tadi malem gw muntahin semua, gw salah beli menu..). Tadi malem gw beli makanan, karena seharian itu belum ada sebutir nasi yang masuk keperut gw, kemudian gw pesen tetelan dan telor di warteg deket kostan. Gw gak tau apaan tuh tetelan dan gw tanya si mbaknya dia malah susah banget jelasin tuh jenis makanan. Tapi karena gw pengen nyobain, akhirnya gw tetep beli juga!! Baru gw tau klo, tetelan adalah lemak perut atau gajih (ngak negrti deh gw.. kata adek gw yang cwok sih itu).

Dann.. huekss!!! Gw muntah seketika!! T.T padahal mahal banget dah tuh makanan!!! (dan satu-satunya uang yang tertinggal di kantong gw adalah selembar uang rupiah berwarna ungu). Waah, nyesel banget gw.. klo gw gak beli gw dah bisa ngesave Rp7.000!!! Eeerrgghhh..!!! Sampailah gw dikelas dengan terlambat dan dengan perut keroncongan. Si dosen yang mantan Hakim Pengadilan Pajak udah ngajar dengan semangatnya dikelas. Entah kenapa klo dia yang ngajar perasaan lamaaaa bangett dan buuannyakkkk banget materinya.. !!! Gw langsung mengambil tempat duduk paling belakang agar gak menarik perhatian tuh dosen hebat. Lama-lama kepala gw pusing dan akhirnya gw tidur cicak di dalam kelas!! (pandangan seolah-olah memperhatikan tapi sebenarnya tertidur atau lebih tepatnya tidur dengan mata terbuka!!). Ketika gw terbangun ternyata belum selesai juga dia ngocehnya!!! (padahal perasaan, gw dah cukup lama ketiduran). Gw memincingkan mata ke jam dinding kelas yang menggantung sangat tinggi di depan kelas dan gw merasa ia berjalan lebih lambat dari biasanya, masih menunjukkan pukul 9.45 padahal gw tadi ketiduran pukul 9.35. Dan gw makin merasakan cacing-cacing di perut gw semakin ganas, ditambah tekanan batin karena konstipasi.. lengkap deh hari ini jakpot gw!! Depan belakang memanggil-manggil dengan riuh berlomba ingin didahulukan, *njrittt.. T.T

Pengen cepet-cepet selesai hari ini!! (pemberontakan dalam kepala gw yang dah gak bisa konsen lagi mendengar dosen itu berbicara mengenai materi kewajiban wajib pajak dalam mengisi surat pemberitahuan pajak terutang tahunannya dan bla bla bla bla yang gak ada abisnya..). Setelai selesai kelas.. (akhirnya). Gw diajak kawan-kawan ke kantin!!! (OH NO!! Gw gak punya duit sama sekali, karena selembar uang ungu yang tertinggal itu adalah untuk ongkos gw pulang ke Bekasi hari ini). Akhirnya gw menahan lapar gw lagi, sekaligus menahan gejolak panggilan alam akibat kurang serat.. Belakangan ini gw makan gak teratur dan agak kurang sehat tampaknya (oooohh.. gw lapeerr bangett!!! Teriak gw dalam batin). Gengsi banget gw buat minjem sama temen, walaupun akhirnya minjem juga untuk beli minuman doang. Kemudian gw ikut kebaktian dan ada persembahan!! (ooh no.. gimana ini????) Gw sibuk mencari uang receh di tas, di dompet, di tempat pensil, di sela-sela buku, gak ada!!! Padahal kantong persembahan semakin mendekat!! Sampai suatu keajaiban terjadi! Tiba-tiba tangan gw menyentuh sesuatu di dalam kantong jeans sebelah kanan dan gw mendapatkan uang!!! (uang rupiah berwarna hijau yang berlipat-lipat). Thanks God!

Selesai kebaktian, rasa laper gw makin bertambah dan panggilan itu pun semakin menjadi-jadi.. (sebenarnya dari kemaren tapi gak bisa-bisa juga.. tersiksa gw!!). Sampai akhirnya gw pulang kekostan dan dalam perjalanan pulang gw bener-bener dah gak tahan menahan gejolak cacing-cacing keparat itu!! Akhirnya gw tergoda untuk membelanjakan satu-satunya uang berwarna ungu itu, dengan perasaan berat hati tidak ingin berpisah. Gw menyerahkannya kepada abang-abang tukang jualan Roti Goreng Medan yang mangkal di lorong Kober. Gw beli sekaligus 2!! Dan yang tersisa sekarang adalah selembar uang rupiah berwarna coklat buluk dan kucel. Gw makan dengan terburu-buru hanya dua kali kunyah, langsung menelannya (orang yang sangat kelaparan.. T.T). Sesampainya dikostan, gw minum air sebanyak-banyaknya karena kerongkongan seret banget dan mengambil satu sachet serat sintesis kemudian meneguknya dengan segera. Lalu ketika gw ingin mengambil uang rupiah terakhir gw itu ternyata GAK ADA!!! Hooaa... Gimana gw mau pulang ke Bekasi ini mah?? (kayaknya duitnya jatuh deh..). Baiklah, itung-itung berbagi dengan yang lain tapi heyyyyyy...!!! Gw apa kabar??? Mau gak mau, satu-satunya harapan gw adalah menunggu adek gw yang cewek itu pulang dari kampus dan berharap dia mau minjemin duitnya dulu.

Sambil menunggu kedatangannya, gw pun menyelesaikan urusan yang dari kemaren belom kelar di bilik renung (bahasa malay nih..). Tiga puluh menit, satu jam, satu setengah jam berlalu... belum nampak juga tuh anak. Hingga akhirnya gw tertidur dengan pulas (ini adalah cara paling ampuh untuk menahan lapar dan gejolak lainnya ala anak kostan yang hidupnya pas-pasan). Setelah dua jam menunggu, pukul 3 sore lebih beberapa menit ia baru menampakkan dirinya. Dengan menahan malu dan gengsi, gw bilang “Adek, lw punya uang lebih buat pulang kan???” dan ia menjawab dengan nada jutek, “Kenapa emangnya?? Lw mau minjem??? Jangan bilang lw gak ada duit lagi buat ongkos kayak kemaren kak. Utang yang kemaren aja belum lw bayar.” Buset, gw langsung di ultimatum!! Tapi gw gak abis cara, gw pasang tampang termelas gw didepannya seperti seorang pengemis kelaparan yang udah 5 lima gak makan.. “Plis, ntar gw gantiin di rumah deh!!” Kemudian ia balik menimpali, “Serius lw?? Minjem mulu bisanya!! Cicilan buat beli hape lw aja belum lunas-lunas!!” Wah, mingkem dah gw klo kayak gitu.. (adek gw yang satu ini hemat banget!! Jadi biasanya dia yang selalu gw minta pinjem duit. Udah persis kayak ATM berjalan!! Kapanpun lw butuh duit tinggal bilang aja, tapi hati-hati klo telat ngembaliin.. lw tau dah akibatnya!!). Karena ditembak gitu akhirnya gw diem dan manyun.. eh, tiba-tiba dia bilang, “Tenang, gw dah tau lw pasti mau minjem duit lagi hari ini buat ongkos. Jadinya gw dah nyiapin duit lebih buat lw. Tapi jangan lupa balikin cepetan yak ma utang-utang lw yang kemaren.”

Dengan mata berbinar-binar dan sesendu mungkin gw menatapnya dengan rasa terimakasih yang tak terkira, “iye, iye.. pasti gw balikin!!” kemudian dia nyeletuk, “Dasar, kakak nyusahin mulu kerjanya!!! Susah banget dah gw!!” Mendengar itu gw cuman tersenyum pada adikku yang ku sayang. Dan, kemudian.. kami pulang bersama ke Bekasi hari ini!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar